Popular Post

Posted by : Unknown Saturday, October 26, 2013

Assalamualaikum.Wr.Wb

Baiklah kali ini saya akan membahas mengenai variabel, operator, control flow, fungsi, array, string dan struct pada bahasa C dimana pada tutorial kali ini saya mengembangkan dari program yang kemarin mengenai menghitung sebuah kerucut.

1. Variabel

Variabel adalah media untuk mendapatkan dan menyimpan data. Sedangkan melakukan
deklarasi variable berarti menuliskan program yang menyatakan satu atau beberapa variabel
beserta tipe data-nya dan diakhiri dengan tanda titik-koma ( ; ).

2. Operator
Operator merupakan simbol atau karakter yang biasa dilibatkan dalam program untuk melakukan suatu operasi atau manipulasi, seperti menjumlahkan dua buah nilai, memberikan nilai ke suatu variabel, membandingkan kesamaan dua buah nilai dan sebagainya.

3. Control Flow
Yang termasuk dalam control Flow yaitu if else swich case dan seterusnya.


4. Fungsi
program kecil yang berada dalam program utama yang digunakan untuk menyelesaikan masalah khusus dengan paramater yang diberikan

5. Array
Array adalah susunan data dengan jumlah tertentu yang bertipe sama dan bernama sama.
Setiap elemen data yang tersusun di dalam array dibedakan dengan nomor indeks yang dimulai dari 0.

6. Pointer
Pointer merupakan variabel yang menyimpan alamat lokasi memori dari suatu data, bukan nilai data tersebut.

7. Struktur
Struktur yaitu pengelompokan dari variabel-variabel yang bernaung dalam satu nama yang sama. Struktur biasa dipakai untuk mengelompokkan beberapa informasi  yang berkaitan dengan sebuah kesatuan, atau biasanya disebut dengan record.


Berikut Flowchar dari program yang kan dibuat:


Beriku code lengkap dari aplikasi yang kita buat:

#include <stdio.h> /*Memanggil header stdio.h yang berisi library/fungsi-fungs diantaranya printf() dan sacanf(),dll*/
#include <stdlib.h> /* Memanggil header stdlib.h yang berisi library/fungsi-fungsi diantaranya system(),dll*/
#include <math.h> /*Memanggil header stdio.h yang berisi library/fungsi-fungsi diantaranya sin(),cos(),tan(),dll*/
#include <string.h> /*Memanggil header string.h yang berisi library/fungsi-fungsi diantaranya strcpy_s(),gets_s(),strcmp(x,y)*/

#define phi 3.14

float garispelukis(float R,float T); /*inisialisasi fungsi yangbernama garis pelukis yang bertipe float yang memiliki methot r dan t yang bertipe float*/
float tinggi(float S, float R);
double luasalas(float R);
double luasselimut(float R, float S);
double volume(float R, float T);
int kerucut();
float hasil;
double hasil1;
int main(void){
       char pass1[12], inpass1[12], pass2[12], inpass2[12]; // inisialisasi variable char yang memiliki array
              int a,b,i=1;
              do{
              strcpy_s(pass1,"Andri"); // strcpy_s digunakan untuk menyalin Andri ke variable pass1
              printf("Input Your Firs Name:");
              gets_s(inpass1); // input string
              strcpy_s(pass2,"Arisandi");
              printf("Input Your Last Name:");
              gets_s(inpass2);
              a = strcmp(pass1,inpass1); /* untuk menyamakan antara pass1 dengan data yang kita inputkan yang berada dalam variable inpass1*/
              b = strcmp(pass2,inpass2);
              if (a == 0 && b ==0){
                     kerucut();
                     system("pause");
                     return 0;
              }
              else {
                     printf("\nAnda tidak berhasil login\n");
                     printf("\n");
              }
              i++;
              }while (i<=3);
              printf("Anda Telah Melakukan Kesalahan Sebanyak: 3 kali\n");
              printf("\nakses ditolak\n");
              printf("\n");
              system("pause");
              return (0);
}
int kerucut(){
       int ulang=1;
       while(ulang !=0){
       int pilihan;
       float r,s,t;
menu:
       struct isimenu{ /* Struktur isimenu*/
             
              char menu[50];
       };
       struct isimenu kerucut[5]={ /* tempat untuk mengisi variable manu*/
              "1. Rusumus Mencari Garis Pelukis",
              "2. Rumus Mencari Tinggi Kerucut",
              "3. Rumus Mencari Luas Alas Kerucut",
              "4. Rumus Mencari Luas Selimut Kerucut",
              "5. Rumus Mencari Volume Kerucut",
       };
       printf("== Menu Kerucut ==\n");
       for (int k=0;k<5;++k)
       {
              printf("%s \n",kerucut[k].menu);
       }
       printf("Masukkan pilihan: ");
       scanf_s("%d",&pilihan);
       printf("\n");
       switch(pilihan){
       case 1:
              printf("Anda Memilih Rumus Mencari Garis Pelukis Kerucut\n");
              printf("Masukkan Jari-jari(r): ");
              scanf_s("%f",&r);
              printf("Masukkan Tinggi(t): ");
              scanf_s("%f",&t);
              garispelukis(r,t);
              printf("Garis Pelukis Kerucut adalah: %.3f\n",hasil);
              break;
       case 2:
              printf("Anda Memilih Rumus Mencari Tinggi Kerucut\n");
              printf("Masukkan Nilai Garis Pelukis(s): ");
              scanf_s("%f",&s);
              printf("Masukkan jari-jari(r): ");
              scanf_s("%f",&r);
              tinggi(s,r);
              printf("Tinggi Kerucut adalah: %.3f\n",hasil);
              break;
       case 3:
              printf("Anda Memilih Rumus Mencari Luas Alas Kerucut\n");
              printf("Masukkan Nilai jari-jari(r): ");
              scanf_s("%f",&r);
              luasalas(r);
              printf("Luas Alas Kerucut adalah: %.3f\n",hasil1);
              break;
       case 4:
              printf("Anda Memilih Rumus Mencari Luas Selimut Kerucut\n");
              printf("Masukkan Nilai Garis Pelukis(s): ");
              scanf_s("%f",&s);
              printf("Masukkan Nilai jari-jari(r): ");
              scanf_s("%f",&r);
              luasselimut(r,s);
              printf("Luas Selimut Kerucut adalah: %.3f\n",hasil1);
              break;
       case 5:
              printf("Anda Memilih Rumus Mencari Volume Kerucut\n");
              printf("Masukkan Nilai jari-jari(r): ");
              scanf_s("%f",&r);
              printf("Masukkan Nilai tinggi(t): ");
              scanf_s("%f",&t);
              volume(r,t);
              printf("Volume Kerucut adalah: %.3f\n",hasil1);
              break;
       default:
              printf("Keyword yang anda masukkan salah\n");
              goto menu;
              break;
       }
       printf("\n");
       printf("Hitung Lagi? (Ketik 0 untuk berhenti) : ");
       scanf_s("%d", &ulang);
       printf("\n");
       }
       return 0;
}
float garispelukis(float R,float T){
       hasil=sqrt(pow(R,2)+pow(T,2));
       return hasil;
}
float tinggi(float S, float R){
       hasil=sqrt(pow(S,2)+pow(R,2));
       return hasil;
}
double luasalas(float R){
       hasil1=phi*(pow(R,2));
       return hasil1;
}
double luasselimut(float R, float S){
       hasil1=phi*R*S;
       return hasil1;
}
double volume(float R, float T){
       hasil1=(phi*(pow(R,2))*T*1)/3;
       return hasil1;
}


dan ini vodeo penjelasanya:


OK..
Selamat Mencoba...
Terimakasih atas waktunya sudah membaca blog saya,
besar harapan saya agar pada pembaca dapat meninggalkan jejak berupa saran bagi saya...
Wassalamualaikum.Wr.Wb.

SALAM ITB...!!!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © D4 ITB-SEAMOLEC - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Aris -