- Back to Home »
- Bahasa C »
- C STANDARD LIBRARY, FUNGSI DAN VARIABEL
Posted by : Unknown
Sunday, October 20, 2013
Assalamualaikum Wr.Wb.
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi mengenai
pembuatan program yang menggunakan “LIBRARY dan FUNGSI Standar dalam Bahasa C”.
Baiklah dalam Tutorial ini saya menggunakan library math.h dan pernyataan swich
case di dalam program ini setiap proses/perhitungan kita letakkan di fungsi
baru sesuai dengan rumus yang akan kita cari. sedangkan fungsi utama/main kita
gunakan untuk penginputan,pernyataan dan menampilkan data yang telah di proses.
Judul dari tutorial kali ini adalah “ Mari Menghitung
Kerucut”, adapun menu/isi dari program ini adalah sebagai berikut:
1. Rumus Mencari Garis Pelukis Kerucut
2. Rumus Mencari Tinggi Kerucut
3. Rumus Mencari Luas Alas Kerucut
4. Rumus Mencari Luas Selimut Kerucut
5. Rumus Mencari Volume Kerucut
jadi dengan aplikasi ini dapat membatu kita dalam menghitung
sebuah kerucut.
Berikut flochart dari program yang akan kita buat
Berikut sorecode lengkapnya:
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <math.h>
#define phi 3.14
float garispelukis(float R,float T);
float tinggi(float S, float R);
double luasalas(float R);
double luasselimut(float
R, float S);
double volume(float R, float T);
float hasil;
double hasil1;
int main(void){
int ulang=1;
while(ulang !=0){
int pilihan;
float r,s,t;
menu:
printf("== Menu
Kerucut ==\n");
printf(" 1. Rumus
Mencari Garis Pelukis Kerucut \n 2. Rumus Mencari Tinggi Kerucut \n 3. Rumus
Mencari Luas Alas Kerucut\n");
printf(" 4. Rumus
Mencari Luas Selimut Kerucut \n 5. Rumus Mencari Volume Kerucut\n");
printf("\n");
printf("Masukkan
pilihan: ");
scanf_s("%d",&pilihan);
printf("\n");
switch(pilihan){
case 1:
printf("Anda Memilih Rumus Mencari Garis Pelukis
Kerucut\n");
printf("Masukkan Jari-jari(r): ");
scanf_s("%f",&r);
printf("Masukkan Tinggi(t): ");
scanf_s("%f",&t);
garispelukis(r,t);
printf("Garis Pelukis Kerucut adalah: %.3f\n",hasil);
break;
case 2:
printf("Anda Memilih Rumus Mencari Tinggi Kerucut\n");
printf("Masukkan Nilai Garis Pelukis(s): ");
scanf_s("%f",&s);
printf("Masukkan jari-jari(r): ");
scanf_s("%f",&r);
tinggi(s,r);
printf("Tinggi Kerucut adalah: %.3f\n",hasil);
break;
case 3:
printf("Anda Memilih Rumus Mencari Luas Alas
Kerucut\n");
printf("Masukkan Nilai jari-jari(r): ");
scanf_s("%f",&r);
luasalas(r);
printf("Luas Alas Kerucut adalah: %.3f\n",hasil1);
break;
case 4:
printf("Anda Memilih Rumus Mencari Luas Selimut
Kerucut\n");
printf("Masukkan Nilai Garis Pelukis(s): ");
scanf_s("%f",&s);
printf("Masukkan Nilai jari-jari(r): ");
scanf_s("%f",&r);
luasselimut(r,s);
printf("Luas Selimut Kerucut adalah: %.3f\n",hasil1);
break;
case 5:
printf("Anda Memilih Rumus Mencari Volume Kerucut\n");
printf("Masukkan Nilai jari-jari(r): ");
scanf_s("%f",&r);
printf("Masukkan Nilai tinggi(t): ");
scanf_s("%f",&t);
volume(r,t);
printf("Volume Kerucut adalah: %.3f\n",hasil1);
break;
default:
printf("Keyword yang anda masukkan salah\n");
goto menu;
break;
}
printf("\n");
printf("Hitung
Lagi? (Ketik 0 untuk berhenti) : ");
scanf_s("%d",
&ulang);
printf("\n");
}
system ("pause");
return(0);
}
float garispelukis(float R,float T){
hasil=sqrt(pow(R,2)+pow(T,2));
return hasil;
}
float tinggi(float S, float R){
hasil=sqrt(pow(S,2)+pow(R,2));
return hasil;
}
double luasalas(float R){
hasil1=phi*(pow(R,2));
return hasil1;
}
double luasselimut(float
R, float S){
hasil1=phi*R*S;
return hasil1;
}
double volume(float R, float T){
hasil1=(phi*(pow(R,2))*T*1)/3;
return hasil1;
}
Untuk lebih paham mengenai aplikasi ini berikut Video
Tutorialnya:
Demikian tutorial kali ini semoga bermanfaan...
Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan untuk
perbaikan saya dalam menul bolg selanjutnya..
Salam ITB...